Minggu, 18 Maret 2012

Tugas Metode Penelitian



METODOLOGI PENELITIAN
JENIS – JENIS PENELITIAN

Nama Penelitian : Penelitian kuantitatif 
Pengertian : Penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematisteori-teori dan/atau hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam.
Contoh  : Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kreativitas Guru di Kelas terhadap Prestasi Belajar Siswa.


Nama Penelititan : Penelitian Kualitatif 
Pengertian : Riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Proses dan makna (perspektif subyek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Selain itu landasan teori juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian.
Contoh   : Pengaruh Televisi Terhadap Perkembangan Anak.


Nama Penelitian : Pengertian Penelitian Historis
Pengertian : Secara umum dapat dimengerti bahwa penelitian historis merupakan penelaahan serta sumber-sumber lain yang berisi informasi mengenai masa lampau dan dilaksanakan secara sistematis. Atau dapat dengan kata lain yaitu penelitian yang bertugas mendeskripsikan gejala, tetapi bukan yang terjadi pada waktu penelitian dilakukan.
Adapun yang menjadi tujuan penelitian sejarah atau historis adalah untuk memahami masa lalu, dan mencoba memahami masa kini atas dasar persitiwa atau perkembangan di masa lampau.
Contoh   : Penelurusan komunisme di Indonesia Tahun 1945 hingga tahun 1965. 


Nama Penelitian : Penelitian komparatif
Pengertian : Penelitian yang bersifat membandingkan dua variabel atau lebih. Kedua variabel bisa jadi tidak berhubungan atau mandiri. Tujuan penelitian ini antara lain untuk bisa menentukan mana yang lebih baik atau mana yang sebaiknya dipilih.
Contoh   : Perbandingan kemampuan membaca siswa  laki-laki dan siswa perempuan.


Nama Penelitian : Penelitian Yurudis atau Legal
Pengertian :Jika dalam metode sejarah diinginkan untuk menyelidiki hal-hal yang menyangkut dengan hukum, baik hukum formal ataupun hukum nonformal dalammasa yang lalu, maka penelitian sejarah tersebut digolongkan dalam penelitian yuridis.
Contoh :Mengetahui dan menganalisa tentang keputusan keputusan pengadilan akibat-akibat hukum adat serta pengaruhnya terhadap suatu masyarakat pada masa lampau.





Nama Penelitian : Penelitian biografis
Pengertian :Penelitian biografi merupakan studi tentang individu beserta pengalamannya yang dituliskan kembali dengan cara mengumpulkan dokumen dan arsip-arsip yang ada. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap turning point moment atau epipani yaitu pengalaman menarik yang sangat mempengaruhi atau mengubah hidup seseorang. Peneliti menginterpretasi subjek seperti subjek tersebut memposisikan dirinya sendiri.
Contoh   : Mengetahui dan meganalisa biografi seorang penulis buku.



Nama Penelitian :Penelitian Bibliografis
Pengertian :Penelitian dengan metode sejarah untuk mencari, menganalisa, membuat interpretasi serta generalisasi dari fakta-fakta yang merupakan pendapat para ahlidalam suatu masalah atau suatu organisasi dikelompokkan dalam Penelitian Bibliografis. Penelitian ini mencakup hasil pemikiran dan ide yang telah ditulisoleh pemikir-pemikir dan ahli-ahli.
Contoh   : Menganalisa punahnya dinosaurus.



Nama Penelitian : Metode Deskriptif
Pengertian : Suatu metode dalam meneliti setatus sekelompok manusia, suatu obyek, suatu set kondisi, suatu sistempeikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat deskipsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki.
Contoh   : Meneliti efek pacaran di kalangan remaja.



Nama Penelitian : Metode Survey
Pengertian : Penyelidikan yang diadakan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada dan mencari keterangan-keterangan secara factual, baik tentang institusi sosial, ekonomi, atau politik dari suatu kelompok ataupun suatu daera..
Contoh   : Usaha tani(surve usaha tani).


Nama Penelitian : Metode deskriptif berkesinambungan (continuity descriptive research)
Pengertian : Kerja meneliti secara deskriptif yang dilakukan secara terus menerus atas suatu objek penelitian. Sering kali dilakukan dalam meneliti masalah-masalah sosial.
Contoh : Mempelajari status akademis sejak tingkat persiapan sampai dengan lulus sarjana muda.





Nama Penelitian : Studi kasus, atau penelitian kasus (case study)
Pengertian : Penelitian tentang status subjek penelitian yang berkenan dengan suatu fase spesifik atau khas dari keselurahan personalitas (Maxfield, 1930). Subjek penelitian dapat saja individu, kelompok, lembaga, maupun masyarakat. Tujuan studi kasus adalah untuk memberikan gambaran secara mendetail latar belakang, sifat-sifat serta karakter-karakter yang khas dari kasus, ataupun status dari individu, yang kemudian dari sifat-sifat khas di atas akan jadikan suatu hal yang bersfat umum.
Contoh  : Menentukan sebab musabab si anak mempunyai kekurangan-kekurangan dalam membaca.



Nama Penelitian : Penelitian komperatif
Pengertian : Sejenis penelitian deskriptif yang ingin mencari jawab secara mendasar tentang sebab-akibat, dengan menganalisis factor-faktor penyebab terjadinnya atau munculnya suatu fenomena tertentu. Jangakauan waktu adalah masa sekarang, karena jika jangkauan waktu terjadinya adalah masa lampau, maka penelitian tersebut termasuk dalam metode sejarah.
Contoh   : Mempelajari pola tingkahlaku serta prestasi belajar siswa.



Nama Penelitian : Analisis Kerja dan Aktivitas (job and activity analysis)
Pengertian : Penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian itu ditujukan untuk menyelidiki secara terperinci aktivitas dan pekerjaan manusia. Dan hasil penelitian tersebut dapat memberikan rekomendasi-rekomendasi untuk keperluan masa yang akan datang. Penenlitian perkejaan di bidang industri dinamakan job analysis (analisis pekerjaan), sedangkan penelitian di bidang pertanian , disebut analysis aktivitas (activity analysis). Analysis aktivitas juga mencakup analysis pekerjaan dibidang jasa, seperti pendidikan, peleyanan kesehatan, dan sebagainya.
Contoh   : Meneliti perilaku dan kegiatan seorang pekerja jasa (dokter/guru/dll).



Nama Penelitian : Studi Waktu dan gerakan (time and motion study)
Pengertian : Penelitian dengan metode deskriptif yang berusaha untuk menyelidiki efisien produksi dengan mengadakan studi yang mendetail tentang penggunaan waktu serta perilaku pekerja dalam proses produksi.
Contoh   : Meneliti pekerja dept collector untuk keefisienan waktu dalam bekerja.



Nama Pnelitian : Penelitian Eksperimental
Pengertian : Penelitian yang dilakukan terhadap variabel yang data-datanya belum ada sehingga perlu dilakukan proses manipulasi melalui pemberian treatment/ perlakuan tertentu terhadap subjek penelitian yang kemudian diamati/diukur dampaknya (data yang akan datang).
Contoh  : Meneliti PengKloning


Nama Penelitian : Grauded Research
Pengertian : Suatu metode penelitian yang mendasarkan diri kepada fakta dan menggunakan analisa perbandingan bertujuan untuk mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep-konsep, membuktikan teori dan mengembangkan teori di mana pengumpulan data dan analisa data berjalan pada waktu yang bersamaan. metode yang digunakan adalah studi perbandingan yang bertujuan untuk mementukan seberapa besar suatu gejala tersebut berlaku untuk umum.
Contoh   : Mempelajari gejala virus flu burung


Nama Penelitian : Penelitian Tindakan Atau Terapan
Pegertian : Penelitian yang berorientasi pada penerapan tindakan dengan tujuan peningkatan mutu atau pemecahan masalah pada suatu kelompok subyek yang diteliti dan mengamati tingkat keberhasilan atau akibat tindakannya, untuk kemudian diberikan tindakan lanjutan yang bersifat penyempurnaan tindakan atau penyesuaian dengan kondisi dan situasi sehingga diperoleh hasil yang lebih baik

Nama Penelitia : Penelitian Eksploratif
Pengertian : Salah satu jenis penelitian sosial yang tujuannya untuk memberikan sedikit penjelasan mengenai konsep atau pola yang digunakan dalam penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti belum memiliki gambaran akan definisi atau konsep penelitian.
Contoh   : Mempelajari cara berpikir pengusaha dibidang jasa


Nama Penelitian : Penelitian Konklusif
Pengertian : Sebuah penelitian yang dirancang untuk membantu membuat keputusan dalam menentukan,mengevaluasi,serta memlih rangkaian tindakan yang harus diambil pada situasi tertentu dan memilik tujuan untuk menguji suatu hipotesis tertentu,meneliti sebuah hubungan khusus dan membuat prediksi..
Contoh   : Meneliti peluang sukses pengusaha dagang


Nama Penelitian : Penelitian Vertivikatif
Pengertian : Bertujuan untuk mengecek kebenaran hasil penelitian yang dilakukan terdahulu/ sebelumnya.
Contoh   : Meneliti kebenaran bahaya obat formalin/borax pada makanan


Nama Penelitian : Penelitian Pengembangan
Pengertian : Bertujuan untuk menemukan dan mengembangkan suatu prototipe baru atau yang sudah ada dalam rangka penyempurnaan dan pengembangan sehingga diperoleh hasil yang lebih produktif, efektif dan efisien.
Contoh  : Yang terkait dengan perangkat pembelajaran, seperti silabus, bahan ajar, lembar kerja siswa, media pembelajaran, tes untuk mengukur hasil belajar, dsb



Nama Penelitian : Penelitian Laboratorium
Pengertian : Penelitian yang dilakukan dalam tempat yang secara khusus digunakan untuk melakukan penelitian ilmiah dan kerja ilmiah.
Contoh      : Melakukan penelitian fisika ,Kimia,Kodekteran.


Nama Penelitian : Penelitian Lapangan
Pengertian : Penelitian yang dilakukan dalam kehidupan sehari hari atau kehidupan yang sebenanya.
Contoh  : Penelitian Penduduk Kampung (sensus penduduk)


Nama Penelitian : Penelitian Deskriptif
Pengertian : Penelitian yang dilakukan terhadap variabel yang data-datanya sudah ada tanpa proses manipulasi (data masa lalu dan sekarang).
Contoh   : Meneliti tumbuhan atau hewan


Nama Penelitian : Penelitian Inferensial
Pengertian : Penelitian yaang dilakukan tidak hanya menggambarkan obyek yang diteliti, tetapi juga memberikan kesimpulan  umum dari masalah yang diteliti.
Contoh   : Kesimpulan dapat berupa prediksi maupun generalisasi (analisis Deduktif).


Jenis Penelitian Lainnya
Nama Penelitian : Penelitian Pengembangan
Pengetian : Bertujuan untuk menemukan dan mengembangkan suatu prototipe baru atau yang sudah ada dalam rangka penyempurnaan dan pengembangan sehingga diperoleh hasil yang lebih produktif, efektif dan efisien.
Contoh   : Meneliti dan mengembangkan alat-alat elektronik


Nama Penelitian : Penelitian Korelasi
Pengertian : Penelitian yang menggambarkan keterkaitan antara dua variabel atau lebih. Biasanya variabel dibedakan dalam variabel terikat dan variabel bebas.
Contoh   : Statistik

Nama Penelitian : Penelitian Dasar
Pengertian : Dilakukan untuk memperluas batas-batas ilmu pengetahuan.dilakukan untuk memverifikasi teori yang sudah ada atau mengetahui lebih jauh tentang sebuah konsep.
Contoh   : Teori Darwin


Nama Penelitian : Penelitian Explorasi
Pengertian : Pelacakan atau penjelajahan atau dalam plasma nutfah tanaman dimaksudkan sebagai kegiatan mencari, mengumpulkan, dan meneliti jenis spesies tertentu untuk mengamankan dari kepunahan.
Contoh  : Untuk melakukan inventarisasi (baik inventarisasi tumbuhan maupun hewan)

Nama Penelitian : Penelitian Longitudinal
Pengertian : Penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan melalui proses dan waktu yang lama terhadap sekelompok subjek penelitian tertentu (tetap) dan diamati/diukur terus menerus mengikuti masa perkembangannya (menembak beberapa kali terhadap kasus yang sama).
Contoh  : Metamorfosis


Nama Penelitian : Penelitian Cross-Sectional
Pengertian : Penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan melalui proses kompromi (silang) terhadap beberapa kelompok subjek penelitian dan diamati/diukur satu kali untuk tiap kelompok subjek penelitian tersebut sebagai wakil perkembangan dari tiap tahapan perkembangan subjek (menembak satu kali terhadap satu kasus).
Contoh  : Menghitung besarnya resiko tiap kelompok(masyarakat) / resiko relatif.



Nama Penelitian : Penelitian Survey
Pengertian : Merupakan suatu teknik pengumpulan informasi yang dilakukan dengan cara menyusun daftar pertanyaan yang diajukan pada responden.dalam penelitian survei, peneliti meneliti karakteristik atau hubungan sebab akibat antar variabel tanpa adanya intervensi peneliti..
Contoh   : Survey pengguna merk HP disuatu kampus



Nama Pengertian : Penelitian Studi Kasus
Pengertian : Penelitian yang dilakukan terhadap suatu ‘obyek’, yang disebut sebagai ‘kasus’, yang dilakukan secara seutuhnya, menyeluruh dan mendalam dengan menggunakan berbagai macam sumber data.
Contoh   : Detektif



Nama Penelitian : Penelitian Assessment
Pengertian : Keterlibatan peneliti mulai dari awal pelaksanaan proyek sampai proyek selesai dilaksanakan. Karena sifat penelitian ini yang mengutamakan “menilai” semua aspek proyek itu, maka assessment menggunakan frame of reference, yaitu pedoman pelaksanaan proyek, maka kadang assessment juga dapat digunakan sebagai penelitian kuantitatif.
Contoh   : Meneliti penyebaran penyakit DBD disuatu desa/kampung



Nama Penelitian : Penelitian Evaluasi
Pengertian : Penelitian yang berusaha untuk menguji pelaksanaan program atau kegiatan yang telah dilakukan. Dengan penelitian ini diharapkan tujuan yang akan dicapai dalam program tersebut dapat dievaluasi secara ilmiah.
Contoh  : Menguji coba program KB


Nama Penelitian : Penelitian Perpustakaan
Pengertian : Penelian yang sangat mendasarkan kepada sumber-sumber yang telah ada. Sumber-sumber tersebut dapat berupa buku-buku, majalah-majalah, naskah-naskah, kisah sejarah dan dokumen.
Contoh   : Mempelajari susunan buku diperpustakaan



Nama Penelitian : Penelitian Laboratorium
Pengertian : Penelitian yang dilaksanakan di dalam laboratorium tertentu. Dalam ilmu alam laboratorium biasanya berisi alat-alatt dan data-data yang mendukung penelitian. Dalam penelitian ilmu sosial yang menjadi laboratorium adalah masyarakat. Dalam penelitian laboratorium biasanya dilaksanakan oleh ahli yang mengkaji masalah teoritismaupun praktis.
Contoh   : Mempelajari fungsi alat-alat dilaboratorium



Nama Penelitian : Penelitian Kancah
Pengertian : Merupakan bagian terbesar dari berbagai bentuk penelitian yang telah dikembangkan dank arena kancah dihuni oleh masyarakat maka dapat dipastikan bahwa keseluruhan penelitian kancah berhubungan dengan pranata dan budaya serta pengalaman hidup masyarakat, kelompok, dan individu.
Contoh  : Sedekah Bumi










Tidak ada komentar:

Posting Komentar