Kamis, 20 September 2012

Metode Penelitian



1.Tema                         : Peningkatan Kualitas hidup penghuni
                                          Rumah susun adalah salah satu solusi pemerintah untuk memenuhi kebutuhan                                                                       
                                          rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Akan tetapi, banyak       
                                          permasalahan yang muncul akibat keberadaan rusun, misalnya: kekumuhan,                 
                                          kurangnya privasi, minimnya fasilitas, lokasi tidak assesibel, dan biaya hidup
                                          penghuni tinggi. Berbagai perrmasalahan tersebut berusaha diantisipasi oleh
                                      Pemerintah Kota Surabaya saat memperbaiki Rusunawa Urip
                                      Sumoharjo dengan konsep redevelopment.
   Rumusan masalah : Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif (deskriptif        
                                         statistik) dan kualitatif. Sebelum mengukur peningkatan kualitas hidup
                                         penghuni, perlu diukur tingkat kepuasan penghuni terhadap rusun setelah       
                                         diredevelop (apakah rusun sudah sesuai dengan harapan dan kebutuhan
                                         penghuni), dan kemudian mencari hubungan keduanya.
   Manfaat penelitian :Agar bisa membuktikan bahwa konsep redevelopment yang telah dilakukan
                                         diRusunawa Urip Sumoharjo mampu meningkatkan kualitas hidup penghuni
                                         ditinjau dari Konsep Perumahan Turner bahwa yang penting dari sebuah rumah                        
                                         adalah sebagai ‘proses’ bukan hanya sebuah ‘produk’ Dan hamper seluruh
                                         penghuni telah puas dengan kondisi rusun setelah di-redevelop. Sedangkan    
                                         penghuni yang menyatakan puas terhadap kondisi rusun tersebut, ternyata
                                         hampir semuanya telah meningkat kualitas hidupnya.
   Jenis penelitian       :metode kuantitatif (deskriptif statistik) dan kualitatif ,menentukan populasi dan        
                                         sampel, pemilihan instrumen dan variabel penelitian,melakukan pengumpulan  
                                         data,menganalisa data, dan mengambil kesimpulan
   Data yang perlu      :-Gambaran Lokasi dan Sejarah Pendirian.
                                      -Konsep Redevelopment Rusunawa Urip Sumoharjo.
                                      -Data Perubahan Perencanaan Rusunawa Urip Sumoharjo
                                          -Data Tingkat Kepuasan terhadap Hunian
                                          -Data Perkembangan Kualitas Hidup
   Kajian pustaka       : Penelitian ini berusaha menjawab bagaimana tingkat kepuasan penghuni dan
                                          peningkatan kualitas hidup penghuni di Rusunawa Urip Sumoharjo pasca           
                                          redevelopment, serta mencari hubungan di antara keduanya. Hasilnya adalah                   
                                          penghuni telah cukup puas dengan kondisi huniannya pasca-redevelopment
                                          (mencapai 98%). Hal ini menunjukkan bahwa hunian setelah di-redevelop
                                          sudah sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan penghuni. Sedangkan komposisi
                                          penghuni yang meningkat kualitas hidupnya mencapai 88%. Artinya bahwa 
                                          hunian di Rusunawa Urip Sumoharjo pasca-redevelopment mampu mendukung 
                                          proses kehidupan penghuni dari waktu ke waktu untuk semakin meningkatkan
                                          kualitas hidupnya. Jadi konsep redevelopment ternyata sesuai dengan konsep
                                          perumahan Turner bahwa yang penting dari sebuah rumah adalah ‘proses’         
                                          bukan hanya ‘produk’. Tingkat kepuasan penghuni terhadap kondisi rusun 
                                          sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas hidupnya. Tetapi masih ada
                                          beberapa penghuni yang menurun kualitas hidupnya. Hal ini dipengaruhi oleh 
                                          masih ada beberapa aspek hunian yang belum mendukung peningkatan kualitas 
                                          hidup sehingga perlu mendapat perhatian dalam perencanaan rusun selanjutnya,
                                          yaitu: kombinasi fungsi, biaya pelayanan, dan kepadatan hunian. Selain itu hal
                                          ini diindikasikan juga dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal di luar rusun.      
                                          Menurut Turner, sebuah konsep rumah untuk masyarakat berpenghasilan
                                          rendah juga harus mendapatkan dukungan keamanan terhadap resiko
                                          kecelakaan, depresi ekonomi dan kondisi politik. Maka dalam penelitian  
                                         selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi aspek-aspek eksternal yang
                                         mempengaruhi kualitas hidup penghuni dan bagaimana menuangkannya ke         
                                         dalam konsep perencanaan rusun yang lebih baik.
VI. DAFTAR PUSTAKA
Aqli, Wafirul; Adhianto, Wisnu; dan Hajjar, Farrayune, (2003), Re-development Kawasan
Permukiman Paska Bencana Kebakaran, dalam NALLARs Vol. 2, Nomor 2, hal. 82-115,
Juli 2003.
BPS, (2006), Indikator Kesejahteraan Rakyat – Welfare Indicators 2006, Badan Pusat
Statistik, Jakarta-Indonesia, ISSN: 0215-4641.
2.Tema                             : BANTUAN RISET KOLABORATIF
                                        Kementerian Agama RI terus memacu Perguruan Tinggi Agama Islam  
                                           (PTAI) untuk menjadi universitas riset berkelas dunia yang unggul,
                                           mandiri, bermartabat dan dengan dijiwai Pancasila, mampu mengabdi 
                                           pada kepentingan dan kemakmuran bangsa. Sejalan dengan
                                           Kebijakan Pengembangan Pendidikan Tinggi yang tertuang dalam
                                           HELTS (Higher Education Long Term Strategy), bahwa dalam
                                           meningkatkan daya saing bangsa dan menjadikan PTAI sebagai 
                                           universitas riset berkelas dunia tanpa tercabut dari identitas
                                           kerakyatan dan akar sosio-kulturalnya,
   Rumusan masalah   : Berikut ini sejumlah aspek penting yang digunakan Tim Reviewer       
                                       Untuk menentukan mutu Concept Notes dan Proposal Lengkap                   
                                       Penelitian:
                                    1. Topik penelitian, memiliki daya tarik dan unsur inovasi
                                    2. Latar belakang, memberikan penjelasan yang mendukung           
                                        topik penelitian dan mengidentifikasi beberapa faktor/aspek        
                                        lain yang terkait.
                                    3. Masalah Penelitian, masalah yang diangkat fokus pada core  
                                        problem dan dirumuskan dengan redaksi yang baik.
                                    4. Pembatasan masalah, memiliki batasan pembahasan/ruang
                                        lingkup yang jelas.
                                    5. Signifikansi masalah, memiliki pengaruh penting bagi       
                                        kehidupan social masyarakat atau masyarakat akademik;
                                    6. Kondisi universitas mitra yang diharapkan, menjelaskan    
                                        kondisi yang diharapkan selama proses riset dengan 
                                        universitas mitra berlangsung terkait dengan ketersediaan                
                                        expert dan bahan-bahan pustaka yang dibutuhkan dalam riset;
                                    7. Kajian riset sebelumnya, memaparkan beberapa penelitian 
                                        sejenis yang telah dilakukan sebelumnya dan menegaskan
                                        titik perbedaan penelitian yang akan dilakukan;
                                    8. Kerangka teori, menggunakan/menyebutkan kerangka teori
                                        yang tepat dengan masalah penelitian;
                                    9. Metode penelitian, dapat beroperasi secara maksimal untuk        
                                        Menjawab pertanyaan penelitian.
                                   10. Sumber bacaan/referensi, mencakup sejumlah sumber     
                                         bacaan/referensi yang yang relevan dengan pembahasan.
                                    11. Instrumen penelitian, mampu mengeksplorasi data-data        
                                         yang relevan dengan topik riset.
                                    12. Alokasi biaya & waktu penelitian, dirancang secara
                                           rasional dan efisien.
                                    13. Analisis kompetensi peneliti, terdapat kesesuaian latar               
                                           Belakang pendidikan pengusul dan hasil karya tulis pengusul                   
                                           yang relevan dengan tema penelitian.
   Manfaat penelitian  : 1. Peningkatan jumlah publikasi pada jurnal internasional
                                        bereputasi baik
                                    2. Peningkatan jumlah tulisan dalam buku berkualitas
                                        internasional
                                    3. Peningkatan jejaring kerjasama internasional
                                    4. Peningkatkan profesionalisme
                                    5. Peningkatan kepemimpinan akademik
   Jenis penelitian        : 1. Penelitian bersifat kolektif, maksimal 4 orang dalam satu 
                                        kelompok.Pengusul terdiri atas 1 orang Ketua dan 3 orang 
                                        anggota peneliti.
                                    2. Anggota kelompok penelitian dapat berasal dari perpaduan
                                        dosen PTAIN dan PTAIS dalam cabang disiplin ilmu                        
                                         sejenis.
                                    3. Dosen tetap (PNS dan non PNS) yang aktif dan kerja penuh   
                                        waktu di PTAI. Dosen PTAIN yang mengajar di PTAIS tidak             
                                        diperkenankan mengatasnamakan dosen PTAIS, kecuali 
                                        dosen DPK.
                                    4. Ketua dan salah satu anggota peneliti telah mengabdi di PTAI               
                                        selama 2 (dua) tahun sejak mendapatkan gelar doktor, atau           
                                        Guru Besar.
   Data yang perlu       : -DATA PENGAJUAN PROPOSAL
                                       -DATA MEKANISME SELEKSI
                                       -DATA KOMPONEN PEMBIAYAAN
   Kajian pustaka        : Program riset kolaboratif internasional ini akan berlangsung
                                       dengan baik apabila ada dukungan semua pihak. Oleh karena itu,
                                       dalam kesempatan ini kami menyampaikan terima kasih dan
                                       penghargaan yang sebesar-besarnya atas partisipasinya, dan                
                                       mohon maaf atas segala kekhilafanya. Demikian, atas perhatian           
                                       dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.
                                       Format proposal sebagaimana terlampir dapat dijadikan acuan         
                                       pengusul. Halhal yang belum jelas dapat dimintakan
                                       konfirmasinya ke Sub Direktorat Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan         
                                       Pengabdian Kepada masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi        
                                       Islam, Kementerian Agama RI. Kamar 807 B No. Tlp. 021-
                                       3812344 Fax. 021-34833981 Ekstension 324.

3.Tema                         : “Falsafah Pancasila Sebagai Dasar Falsafah Negara Indonesia”
   Rumusan masalah   : Dalam pembuatan karya tulis ini dapat penulis rumuskan  sebagai      
                                           berikut: pengertian Filsafat, pengertian Pancasila,fungsi filsafat, unsur         
                                           unsur Pancasila dan fungsi unsur – unsur Pancasila. Dan masalah yang      
                                           di bahas dalam karya tulis ini  untuk lebih terarah dan tidak terlalu jauh  
                                           maka penulis membatasi masalahnya hanya pada arti dan fungsi 
                                           filsafat Pancasila.
   Manfaat penelitian  : 1. Mahasiswa dapat menambah pengetahuan tentang Pancasila dari aspek   
                                               filsafat.
                                           2. Mahasiswa dapat mengetahui landasan filosofis Pancasila.
                                           3. Mahasiswa dapat mengetahui fungsi utama filsafat Pancasila bagi bangsa   
                                               dan negara Indonesia.
                                       4. Mahasiswa dapat mengetahui bukti bahwa falsafah Pancasila                    
                                               dijadikan sebagai dasar falsafah Negara Indonesia.
   Jenis penelitian        : 1. Metode wawancara dan interview
                                      2. Observasi
                                        3. Angket atau daftar isian
   Data yang perlu       :-Data wawancara
                                       -Data pengertian dari pancasila
                                       -Data pengertian filsafat
   Kajian pustaka         : Setelah memperhatikan isi dalam pembahasan di atas, maka dapat penulis
                                          tarik kesimpulan sebagai berikut:
                                          1. Filsafat Pancasila adalah hasil berpikir/pemikiran yang sedalam-                 
                                              dalamnya dari bangsa Indonesia yang dianggap, dipercaya dan diyakini
                                              sebagai sesuatu (kenyataan, norma-norma, nilai-nilai) yang paling benar,                              
                                              paling adil, paling bijaksana, paling baik dan paling sesuai bagi bangsa   
                                              Indonesia.
                                         2. Fungsi utama filsafat Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia yaitu:
                                             a) Filasafat Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia
                                             b) Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia
                                             c) Pancasila sebagai jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia
                                      3. Falsafah Pancasila sebagai dasar falsafah Negara Indonesia
     DAFTAR PUSTAKA
Soediman Kartohadiprojo 1970, Beberapa Pikiran Sekitar Pancasila, Bandung Alumni
Koentjaraningrat. 1980. Manusia dan Kebudayaan Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.
Nopirin. 1980. Beberapa Hal Mengenai Falsafah Pancasila, Cet. 9. Jakarta: Pancoran Tujuh.
Notonagoro. 1980. Beberapa Hal Mengenai Falsafah Pancasila, Cet. 9. Jakarta: Pantjoran Tujuh.
Salam, H. Burhanuddin, 1998. Filsafat Pancasilaisme. Jakarta: Rineka Cipta


4.Tema                         : PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PEMBERANTASAN
                                           KORUPSI UNTUK MEWUJUDKAN PEMERINTAHAN YANG
                                           BAIK DAN BERSIH
   Rumusan masalah   : 1. Bagaimanakah konsep peran serta masyarakat dalam pemberantasan
                                            korupsi untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih
                                            menurut Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi?
                                        2. Bagaimanakah peran serta masyarakat dalam pembentukan                     
                                            Undangundang Tindak Pidana Korupsi?
                                        3. Bagaimanakah peran serta masyarakat dalam pemberantasan kasus
                                            tindak pidana korupsi?
   Manfaat penelitian  : 1. Secara teoritis, penelitian ini dapat memberikan sumbangan                   
                                            Pemikiran bagi pengembangan Ilmu Hukum pada umumnya dan                          
                                            Hukum Administrasi Negara pada khususnya.
                                        2. Secara praktis, penelitian ini dapat memberikan masukan kepada
                                            Pemerintah baik Pemerintah pusat maupun Pemerintah daerah dalam
                                            melaksanakan penyelenggaraan Negara yang bersih dan bebas dari    
                                           Korupsi Kolusi dan Nepotisme, sehingga terwujudnya sebuah                   
                                           pemerintahan yang baik.
   Jenis penelitian        : Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Research22, yaitu penelitian
                                       yang menggambarkan dan menafsirkan secara ilmiah dokumen-        
                                       dokumen penting dalam hal ini, dokumen dan referensi tentang        
                                       Pemerintahan yang baik dan bersih.
   Data yang perlu       : Data yg diperoleh dari sumber kepustakaan, literature,Peraturan            
                                        Perundangan serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian           
                                        ini.
   Kajian pustaka         : Pemerintahan yang baik akan dicapai apabila, Pemerintah dalam
                                        melakukan tugasnya berdasarkan pada asas legalitas11, serta dalam           
                                        membuat suatu ketetapan (suatu Undang-Undang) tidak bertentangan               
                                        dengan Undang-Undang yang ada di atasnya (hierarkis per-Undang-             
                                        Undangan). Suprianto12 menjelaskan bahwa, Pemerintahan yang bersih    
                                        dan baik,
                                        birokrasi yang bersih dan baik, haruslah dibangun secara sistematis dan    
                                        terus menerus. Pola pikir yang dikotomis, yang menghadapkan upaya     
                                        membangun pribadi yang baik dengan upaya membangun sistem yang          
                                        baik, ibarat memilih telur atau ayam yang harus didahulukan. Pola pikir         
                                        yang demikian ini tidaklah tepat, karena memang tidak bisa    
                                        memisahkan antara kedua sisi ini. Individu yang baik tidak mungkin 
                                        muncul dari sebuah sistem yang buruk, demikian pula sistem yang baik,   
                                        tidak akan berarti bila dijalankan oleh orang-orang yang korup.
                                       Pembinaan terhadap masyarakat secara terus menerus harus dilakukan
                                       agar masyarakat menjadi individu yang baik, yang menyadari bahwa
                                       pemerintahan yang baik hanya dapat dibangun oleh orang yang baik                            
                                                          dan sistem yang baik. Masyarakat juga terus menerus disadarkan, bahwa                 
                                       hanya sistem terbaiklah, yang bisa memberi harapan bagi mereka,  
                                       menjamin keadilan, melayani dengan keikhlasan dan melindungi rakyat.     
                                       Rakyat juga harus disadarkan, bahwa para pemimpin haruslah orang 
                                       yang baik, jujur, amanah, cerdas, profesional serta pembela kebenaran  
                                       dan keadilan.Masyarakat juga perlu didasarkan bahwa sistem yang baik        
                                       dan pemimpin yang baik tidak bisa dibiarkan menjalankan pemerintahan  
                                       sendiri, mereka harus terus dijaga, dinasehati, diingatkan dengan cara 
                                       yang baik.
                                        Ignatus Indra Surya, 2004, Implementasi Asas-Asas Umum Pemerintahan Yang Baik        
 Dalam Penyusunan Keputusan Bupati, (Tesis untuk mendapat gelar M.Hum pada Program pasca
Sarjana Ilmu Hukum di Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Prof. Dr. Bagir Manan, 1999, Good Governance Hindarkan Rakyat dari Tindakan Negara yang
Merugikan, www. Transparansi. or.id hal: 1-2.
Faizal Tamim,1999,Transformasi Budaya Kerja Aparatur Negara.www.Transparansi.or.id.hal:6
Ibid

5.Tema                         : SEJARAH
   Rumusan masalah   : materi pengajaran sejarah di SMA dan MA disusun
                                        berdasarkan urutan kronologis yang dijabarkan dalam aspek-aspek
                                        tertentu sebagai materi standar. Sejak tahun kedua, di samping materi
                                        tertentu yang diberikan pada semua program studi sebagai pengetahuan
                                       bersama, sebagian materi pokok disusun sesuai dengan pengkhususan
                                       program studi. Materi pokok pengajaran sejarah di SMA dan MA
   Manfaat penelitian  : Pengajaran sejarah berfungsi untuk menyadarkan siswa akan adanya
                                           proses perubahan dan perkembangan masyarakat dalam dimensi waktu
                                           dan untuk membangun perspektif serta kesadaran sejarah dalam
                                           menemukan, memahami, dan menjelaskan jati diri bangsa di masa lalu,
                                           masa kini, dan masa depan di tengah-tengah perubahan dunia.
   Jenis penelitian        :Meneliti akan sejarah masa lampau
                                       1. Pengantar Ilmu Sejarah.
                                       2. Kehidupan paling awal masyarakat di Indonesia.
                                       3. Naik turunnya pengaruh tradisi Hindu-Buddha di Indonesia.
                                       4. Perkembangan awal tradisi Islam di Indonesia.
                                       5. Perkembangan pengaruh Barat dan perubahan masyarakat di
                                           Indonesia pada masa kolonial.
                                       6. Muncul dan berkembangnya pergerakan nasional Indonesia.
                                       7. Interaksi Indonesia-Jepang dan keadaan Indonesia pada masa
                                           pendudukan Jepang.
                                       8. Perkembangan Indonesia pada masa awal kemerdekaan.
                                       9. Perubahan di Indonesia di tengah usaha mengisi kemerdekaan.
                                       10. Jatuhnya Orde Baru dan reformasi.
                                       11. Perkembangan dunia internasional setelah Perang Dunia II dan
                                             pengaruhnya terhadap Indonesia.
                                       12. Peristiwa mutakhir dunia dan globalisasi.
                                       13. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
   Data yang perlu       : Data pada buku sejarah dan Data data dimusium
   Kajian pustaka         : Mampu menghubungkan keterkaitan antara manusia, waktu,
                                            tempat, dan kejadian sejarah.
                                            Mampu membangun konsep waktu, urutan waktu, dan
                                            menggunakannya dalam menentukan sebab-akibat suatu
                                            kejadian dan menilai perubahan dan keberlanjutan.
                                            Mampu menunjukkan peran tokoh politik, sosial, budaya,
                                            agama, ekonomi, teknologi, dan ilmu dalam menentukan bentuk
                                            dan arah suatu kelompok sosial, masyarakat, bangsa, dan dunia.
                                           Mampu menentukan asal usul suatu adat, hari besar nasional,
                                           perayaan lainnya, dan bangunan bersejarah, memelihara dan
                                           mengembangkannya.
                                           Mampu menarik informasi dan berpikir kritis-analitis tentang
                                            informasi yang diperoleh dari sumber sejarah dan penerapannya
                                           dalam kehidupan sehari-hari.
                                           Mampu memahami karakteristik berbagai peristiwa penting
                                           dalam sejarah lokal, daerah, nasional, dan internasional serta
                                           memanfaatkannya untuk mengkaji berbagai masalah kehidupan
                                           pribadi, masyarakat, dan bangsa.
                                           Membangun semangat kebangsaan yang positif, kebersamaan
                                           sebagai bangsa dan semangat persaingan yang positif dalam
                                           lingkungan kebangsaan dan antarbangsa.
                                           Mampu bertindak secara demokratis dan menghargai berbagai
                                           perbedaan serta keragaman sosial, kultural, agama, etnis, dan
                                           ideologis dalam masyarakat..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar