I.
LATAR
BELAKANG
Manfaat Media pembelajaran secara saat ini
sepertinya menjadi sarana penting bagi guru dan siswa untuk memahami
materi. Pembelajaran
online memberikan kesempatan bagi pembelajar untuk memegang kendali atas
kesuksesan belajar masing-masing, artinya pembelajar diberi kebebasan untuk
menentukan kapan akan mulai, kapan akan menyelesaikan, dan bagian mana dalam
satu modul yang ingin dipelajarinya terlebih dulu. Ia bisa mulai dari
topik-topik ataupun halaman yang menarik minatnya terlebih dulu, ataupun bisa
melewati saja bagian yang ia anggap sudah ia kuasai. Jika ia mengalami
kesulitan untuk memahami suatu bagian, ia bisa mengulang-ulang lagi sampai ia
merasa mampu memahami. Seandainya, setelah diulang masih ada hal yang belum ia
pahami, pembelajar bisa menghubungi instruktur, nara sumber melalui email atau
ikut dialog interaktif pada waktu-waktu tertentu. Jika ia tidak sempat
mengikuti dialog interaktif, ia bisa membaca hasil diskusi di message board
yang tersedia di LMS (di Website pengelola). Banyak orang yang merasa cara
belajar independen seperti ini lebih efektif daripada cara belajar lainnya yang
memaksakannya untuk belajar dengan urutan yang telah ditetapkan.
II.
PERUMUSAN MASALAH
Dalam pembahasan
proposal tentang “manfaat Pentingkah Penggunaan Pembelajaran diSekolah Dasar
secara on line”, beberapa permasalahan yang akan diangkat,
- Bagaimana pemanfaatan dan
penggunaan pembelajaran di sekolah dasar
secara on line?
III.TUJUAN
PENELITIAN
Adapun
tujuan dari pembuatan proposal ini sebagaimana latar belakang di atas.
Bahwa manfaat pembelajaran di sekolah dasar secara online masih sangat
minim sekali. Untuk mengetahui pengaruh Pemberian Tugas Online terhadap hasil
belajar siswa pada mata Setiap pelajaran SD
IV.
MANFAAT
PENELITIAN
Media pembelajaran memiliki manfaat
yang besar dalam memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran. Media
pembelajaran secara online yang digunakan harus dapat menarik perhatian siswa
pada kegiatan belajar mengajar dan lebih merangsang kegiatan belajar siswa
.
Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat :
Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat :
1.
Bagi guru, memberikan pengetahuan tentang
pembelajaran online dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa.
2.
Bagi siswa,
dengan menggunakan media Pemberian
Tugas Online dapat meningkatkan prestasi belajarnya.
3.
Bagi lembaga,
mendukung kebijakan pemerintah dalam program penggunaan teknologi untuk
meningkatkan mutu proses pembelajaran dan mutu hasil belajar.
TINJAUAN
PUSTAKA
menyatakan bahwa media pembelajaran secara
on line adalah bahan, alat atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar
mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan
siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdayaguna.
V.
HIPOTESA
1. Media
pembelajaran secara online lebih menarik sehingga dapat memotivasi siswa dalam
hal pemahaman.
2. Siswa dapat lebih banyak melakukan
kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga
aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, memerankan, dan
lain-lain.
VI.
METODE
PENELITAN
Analisis kebutuhan menggunakan lembar observasi
dan angket/kuesioner, Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif
kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru setiap kelas
, masing-masing dari SD A, SD B, dan SD C. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu pemaparan data dan simpulan
data. Setelah penelitian dilakukan, diperoleh hasil penelitian, yaitu :
1.
profil
media pembelajaran secara online yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru;
2.
desain
media pembelajaran interaktif pengenalan nama planet dalam tata surya untuk
siswa setiap kelas SD; dan
VII.
DAFTAR
PUSTAKA
1.Dimyati dan
Mudjiono, (2006), Belajar dan pembelajaran, Jakarta:
Rineka Cipta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar